Wisata Alam Sanghiyang Kenit, Tempat Wisata Alternatif di Bandung Barat

Homeliputan4News

Wisata Alam Sanghiyang Kenit, Tempat Wisata Alternatif di Bandung Barat

LIPUTAN4.COM, BANDUNG BARAT || Saat ini Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat memiliki alternatif Wisata alam baru, yang be

Rapat Persiapan Pelantikan Pengurus Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU)
Polsek Kota Kisaran Bersama Relawan Covid-19 Sambut HUT Bayangkara Ke-74, Berbagi Masker Kepada Masyarakat
Diduga Persediaan Blangko KTP-E Kosong, Pelayanan Di kantor UPTD Wil. Purwadadi Sempat Tersendat.

LIPUTAN4.COM, BANDUNG BARAT || Saat ini Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat memiliki alternatif Wisata alam baru, yang bernama Wisata Alam Sanghiyang Kenit.Tepatnya berada di Kampung Cisameng RW 25 Desa Rajamandala Kulon, kawasan wisata yang memanfaatkan kondisi alam tersebut sangat menarik untuk dikunjungi keluarga dan kawula muda sebagai sarana hiburan melepas kepenatan dari kegiatan rutin sehari-hari.

Obyek wisata alam Sanghiyang Kenit dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) yang anggotanya merupakan gabungan Karang Taruna dan masyarakat RW.25 Desa Rajamandala Kulon. Sebagai pengelola, Pokdarwis memiliki tanggung jawab menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan juga pemandu wisata.
Obyek wisata yang menawarkan keindahan alam ini banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk melakukan camping, berenang, selfi, prawedding, dan susur Goa Sanghiyang Kenit yang memiliki panjang sekitar 600 meter. Pengunjung akan terpuaskan dengan keindahan alam yang begitu eksotis mengelilingi lokasi wisata Sanghiyang Kenit, ditambah air yang sangat jernih mengaliri sungai sebagai wahana pengunjung berenang, serta banyak keindahan lainnya yang bisa dinikmati dilokasi wisata alam tersebut.

Adapun tiket masuk ke lokasi wisata alam Sanghiyang Kenit adalah sebesar Rp. 7000,-/ orang dan Rp. 16.000,- untuk pengunjung yang membawa kendaraan.
Sementara itu Dian (30) pengunjung wisata Sanghiyang Kenit menyatakan, keberadaan obyek wisata Sanghiyang Kenit sangat membantu masyarakat Desa Rajamandala Kulon mendapatkan hiburan dan liburan, sehingga saya tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata.
” Hanya saya menyarankan kepada pihak pengelola untuk memperbaiki sarana lebih baik lagi, seperti melengkapi tempat ibadah, toilet, dan faktor keamanan yang lebih ditingkatkan lagi, ” kata Dian.

Kepada liputan4.com Ketua Pokdarwis Dodo Liyanto mengatakan, Pokdarwis sebagai pengelola wisata Sanghiyang Kenit bertugas menjaga keamanan, kebersihan, dan juga pemandu wisata untuk wisata susur goa. Dimana anggota Pokdarwis merupakan gabungan Karang Taruna dan masyarakat RW. 25.

” Dalam menjaga kebersihan dan keamanan lokasi wisata, pihak Pokdarwis rutin setiap satu jam melakukan bersih-bersih. Juga menempatkan petugas di beberapa titik lokasi untuk selalu memantau situasi dan kondisi pengunjung, hal tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan sehingga pengunjung merasa puas, ” Ucapnya.

Lebih lanjut Dodo mengakui, dengan diterapkannya kebijakan Pemerintah mengenai adaptasi kebiasaan baru / New Normal, dimana tempat wisata sudah diperbolehkan buka kembali, antusiasme masyarakat sangat luar biasa, pengunjung datang membludak untuk bisa menikmati wisata alam Sanghiyang Kenit.

Menjawab saran dan masukan yang disampaikan pengunjung, Dodo mengatakan, ” untuk hal sarana, kami masih dalam upaya pembangunan, baru selesai satu ruangan toilet. Serta untuk akses jalan dan penerangan menuju lokasi, juga masih dalam proses perijinan kepada pihak Indonesia Power (IP) selaku pemilik lokasi wisata, ” Jelasnya.

Pengelola wisata Sanghiyang Kenit tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam menjalankan obyek wisata alam tersebut dan membuat tempat cuci tangan. Pengelola selalu memberikan himbauan kepada para pengunjung untuk selalu menggunakan masker dan cuci tangan pakai sabun sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19.

Keberadaan wisata Sanghiyang Kenit berdampak juga pada geliat ekonomi masyarakat setempat. Dimana pihak pengelola memperdayakan masyarakat sekitar untuk berjualan di area lokasi wisata. Hal ini sebagai bentuk komitmen dan kontribusi pengelola membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Penulis : sarwono

The post Wisata Alam Sanghiyang Kenit, Tempat Wisata Alternatif di Bandung Barat appeared first on LIPUTAN4.COM.

Loading spinner

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: