Terkait Proyek Jalan Dan Reklamasi, Bupati Poso Mangkir Dari Persidangan Komisi Informasi Sulteng

HomeHukum & KriminalBerita Viral

Terkait Proyek Jalan Dan Reklamasi, Bupati Poso Mangkir Dari Persidangan Komisi Informasi Sulteng

PALU,LIPUTAN4.COM – Seharusnya Bupati Poso Darmin Sigilipu dijadwalkan hadir sebagai Termohon dalam persidangan sengketa informasi Provinsi Sulawesi

Jurnalis Liputan 4 Com Dikeroyok Serta Dianiaya Di Maluku Tengah
Pelaku Curat Berhasil Di Ringkus Tim Polsek Kalianda Bersama Tekab 308 Lampung Selatan
PK PMII STAI JM Tanjung Pura Langkat Turut Mengecam Keras…

PALU,LIPUTAN4.COM – Seharusnya Bupati Poso Darmin Sigilipu dijadwalkan hadir sebagai Termohon dalam persidangan sengketa informasi Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (26/6).

Sayangnya dia mangkir alias tak datang demikianpula kuasanya juga tidak menampakan batang hidungnya.

Terhadap mangkirnya Bupati Poso tersebut, Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi Sulteng Abd.Salam Adam menegaskan, pihaknya sebagai Pemohon sangat kecewa.

Menurut Abd.Salam pihaknya sebagai Pemohon sudah mengajukan sengketa informasi terhadap dua Badan publik yang ada di Kabupaten Poso, yakni DPRD Poso dan RSU Daerah Poso.

“Sidang kemarin dengan agenda pemeriksaan awal terpaksa ditunda karena Bupati Poso sebagai Termohon tidak hadir,” ungkap Abd.Salam, jumat (26/6/2020).

Mangkirnya Bupati Poso dalam persidangan sengketa informasi itu mendapat tanggapan Direktur Wilayah LBH Garda Keadilan Nusantara (GKN) Sulteng, Aceng Lahay, dia menilai ketidakhadiran Bupati Poso atau kuasanya dalam persidangan itu adalah bukti ketidak patuhan pejabat publik terhadap perintah undang-undang.

“Sangat disayangkan, itu bukti bahwa Termohon sebagai pejabat publik tidak patuh terhadap perintah UU, hal seperti ini haris ditindaklanjuti oleh teman-teman penggiat keterbukaan informasi di Sulteng,” tegas Aceng Lahay, di Palu Jumat (26/6/2020).

Sementara, Asisten Ahli Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah, Amin, SH membenarkan soal mangkirnya Bupati Poso atau kuasanya dalam persidangan sengketa informasi yang diajukan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi.

“Benar, Bupati Poso maupun kuasanya tidak hadir dalam sidang pemeriksaan awal itu, padahal selaku panitera dalam persidangan itu, kami sudah meyampaikan panggilan sidang sesuai mekanisme UU,” tandas Amin.

Amin menambahkan, sesuai hukum acara persidangan Komisi Informasi, pihaknya akan kembali menjadwalkan persidangan, dengan mengundang kembali Pemohon dan Termohon. “Kami akan panggil lagi,” tegas Amin.

Sebagai informasi, sebelumnya Majelis Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah sudah pernah menangani sengketa informasi terkait pelaksanaan proyek jalan dan reklamasi di salah satu Kawasan di Poso, dengan pemohon Koalisi Rakyat Anti Korupsi (KRAK) dan Termohon Bupati Poso Darmin Sigilipu yang dalam persidangan diwakili kuasanya Bagian Hukum Pemkab Poso.

Dalam persidangan itu, Majelis Komisi Informasi telah mengabulkan gugatan sengketa informasi KRAK Sulteng dan putusan itu juga telah dikuatkan oleh Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), saat ini Bupati Poso sedang berupaya melakukan proses kasasi di Mahkamah Agung.

The post Terkait Proyek Jalan Dan Reklamasi, Bupati Poso Mangkir Dari Persidangan Komisi Informasi Sulteng appeared first on LIPUTAN4.COM.

Loading spinner

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: