Connect with us
Visi Misi Cabup Toraja

Informasi TNI

Pangkoarmada III Latihan Operasi Pertahanan Pantai Mutlak diperlukan

Published

on

pangkoarmada-iii-latihan-operasi-pertahanan-pantai-mutlak-diperlukan

Liputan4.com , Sorong Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) menegaskan bahwa Latihan Operasi Pertahanan Pantai yang diselenggarakan Koarmada III ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan prajurit Koarmada III, Pasmar 3, dan Lantamal XIV dibidang pertahanan pantai. Latihan ini menyamakan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi pertahanan pantai.
IMG 20201121 WA0014
“Kegiatan latihan ini mutlak diperlukan, mengingat perubahan lingkungan strategis sangat dinamis saat ini, berpengaruh terhadap perubahan untuk penanganan permasalahan yang muncul di medan tugas. Kecepatan dan ketepatan dalam menangani permasalahan di lapangan harus berdasarkan Standard Operation Procedure,” jelas Pangkoarmada III pada acara penutupan Latihan Operasi Pertahanan Pantai Koarmada III di Mako Koarmada III Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Jumat (20/11/2020).
IMG 20201121 WA0012
Pangkoarmada III menilai bahwa seluruh prajurit telah melaksanakan latihan dengan penuh tanggung jawab dan semangat yang tinggi dalam mengaplikasikan kemampuannya untuk mendinamisasikan latihan ini secara optimal. “Salah satu indikasi yang menandai kesuksesan latihan ini adalah keberhasilan pelaku latihan merumuskan suatu rencana dan pelaksanaannya tanpa menimbulkan kerugian baik personel maupun material, sehingga dalam latihan ini sampai dengan manuvra lapangan, Zero Accident dapat terwujud,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Koarmada III menyelenggarakan latihan Operasi Gabungan Pertahanan Pantai secara besar-besaran yang digelar di sejumlah wilayah Kota Sorong, Papua Barat, selama dua minggu dengan melibatkan tiga Kapal Perang RI dan dua Kapal Angkatan Laut, satu pesawat udara patroli maritim, satu helikopter, berbagai persenjataan Pasmar 3, dan seribu prajurit.

Acara penutupan latihan tersebut dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Inspektur Koarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Lilik Supariana, M.Tr (Han), Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Wadan Pasmar 3 Kolonel Marinir Agung Trisnanto, dan sejumlah pejabat utama Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 Sorong.

Sumber Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Berita dengan judul: Pangkoarmada III Latihan Operasi Pertahanan Pantai Mutlak diperlukan, pertama kali terbit di Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Indonesia, dibuat oleh: Bagus Haryanto

Continue Reading
Comments