Connect with us
Visi Misi Cabup Toraja

Antar Umat Beragama

Marjan Tusang: Hadirnya Paguyuban Sangat Membantu Pemerintah Dalam Menjaga Kamtibmas

Published

on

marjan-tusang:-hadirnya-paguyuban-sangat-membantu-pemerintah-dalam-menjaga-kamtibmas

Liputan4 – Timika

Demi terciptanya kedamaian pada suatu daerah, perlu peran aktif suatu paguyuban dan ormas-ormas, dalam membantu pemerintah daerah untuk membangun daerah yang aman Damai dan tentram.

IMG 20201224 200441
Ketua umum (KKMU) Bersama Sekretaris umum Drs. Rusli Wahab Serta Tim Lainya Saat Pengamanan Ibadah Natal digereja Katedral Tiga Raja Kamis, (24/12/2020/Dok foto:/Makatita).

Kabupaten mimika menjadi salah satu kabupaten dari sekian kabupaten yang patut dijuluki, “city of tolerance”.

Hal Itu terlihat pada setiap tahunnya dalam perayaan hari-hari besar keagamaan. Paguyuban serta ormas saling menjaga satu sama lain dalam melaksanakan ibadah, baik umat muslim nasrani dan agama lainnya.

Warga kota timika sudah hidup rukun dan saling menghormati mengasihi, setiap pemeluk agama lain sejak lahirnya kabupaten Mimika yang dimekarkan pada tahun 2006.

Warga mimika sendiri terdiri dari berbagai paguyuban sejak dulu mereka hidup berdampingan saling menghormati satu sama lain.

Tak cukup sampai disitu hadirnya paguyuban di setiap daerah juga cukup, membantu tugas – tugas TNI POLRI dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) didaerah.

Seperti terlihat pada perayaan Natal 2020, kali ini sejumlah paguyuban dan ormas mengambil bagian dalam membantu TNI-POLRI menjaga umat Nasrani yang melaksanakan ibadah Natal, Disejumlah Gereja dijaga oleh paguyuban Dan Ormas.

Salah satu paguyuban Yang turut ambil bagian dari Pelaksanaan Operasi Lilin 2020 Yakni, Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU) Kabupaten Mimika.

Dipimpin langsung oleh Ketua (KKMU) Marjan Tusang SH,.MH. Bersama 14 Personil Lainya ikut menjaga dan mengamankan Gereja yang tesebar di kota timika.

Saat di konfirmasi dilapangan didepan gereja Katedral Tiga Raja usai dirinya bersama timnya terlibat pengamanan jalanya ibadah malam Kudus  Kamis, (24/12). Marjan Tusang mengatakan, (KKMU) siap ikut terlibat pada pelaksanaan hari-hari besar Keagamaan setiap Tahunnya.

kami siap membantu TNI POLRI dalam setiap kegiatan keagamaan dan juga siap membantu pemerintah dalam hal ini Pemda Mimika pada pelaksanaan hari – hari besar keagamaan,”ungkap Ketua (KKMU) Mimika Periode 2020 -2025.

Lanjut Marjan, (KKMU)  bersama paguyuban lain kedepan akan berkolaborasi, dalam setiap kegiatan baik keagamaan Dan Kegiatan Bhakti sosial.

Lanjut Marjan, Hadirnya Paguyububan disuatu daerah cukup membantu pemerintah dalam menjaga kedamaian dan perdamaian. “Terang Ketua DPW Perhimpunan Advokad Indonesia (PAI) Papua.

Dirinya Juga Berharap Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat Yang Ada Di Kabupaten Mimika Untuk Tetap Saling Menjaga Satu Dan yang lain agar tercapainya kedamaian di bumi amungsa sesuai Motto Kabupaten Mimika, “Eme Neme Yauware” bersatu membangun.

Perlu diketahui lagu Eme Neme Yauware itu dicipta oleh sesepuh kami, Dewan penasehat (KKMU) Almarhum Melky Goeslaw pada saat pelantikan badan pengurus KKMU Tahun 2002.

Penulis/Makatita.

Editor: Makatita

 

 

Berita dengan judul: Marjan Tusang: Hadirnya Paguyuban Sangat Membantu Pemerintah Dalam Menjaga Kamtibmas, pertama kali terbit di Berita Terkini Terbaru Indonesia – Liputan4.com, dibuat oleh: Iwan Makatita

Continue Reading
Comments