Jaksa Ajukan Banding Terhadap Putusan Kasus Tipikor PJJ USBM An. Piterson Zamili

HomeDaerahBerita Utama

Jaksa Ajukan Banding Terhadap Putusan Kasus Tipikor PJJ USBM An. Piterson Zamili

Liputan4.com,Nias Selatan – Tim Jaksa penuntut umum mengajukan upaya banding atas vonis terhadap Piterson Zamili yang berstatus sebagai ASN di Kabupat

Bupati Asahan Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan
Plt Kades Sohoya Salud Terhadap Pld Desa Sohoya Setia Dampingi Kegiatan Desanya Tanpa Kenal Hujan & Terik Matahari
Kapolsek Simpang Empat Sambut Hari Bayangkara Ke 74 Dengan Memberi Santunan Kepada Anak Yatim Di Desa Sipaku

Liputan4.com,Nias Selatan – Tim Jaksa penuntut umum mengajukan upaya banding atas vonis terhadap Piterson Zamili yang berstatus sebagai ASN di Kabupaten Nias Selatan. Banding tersebut dilakukan karena putusan hakim terhadap uang pengganti lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yakni Rp. 961.647.890 (Sembilan Ratus Enam Puluh Satu Juta Enam Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Delapan Sembilan Puluh Rupiah). Upaya banding tersebut terkonfirmasi dari risalah memori banding dengan nomor 16/Akta.Pid.Sus-TPK/2020/PN.Mdn yang diterima oleh kuasa hukum terdakwa kasus korupsi PJJ USBM atas nama Piterson Zamili pada tanggal 23 Juni 2020.

“Pada hari selasa, 23 Juni 2020, kami sebagai kuasa hukum dari terdakwa Piterson Zamili telah menerima risalah memori banding yang diajukan oleh jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Nias Selatan,” ujar Mavoarota Zamili,SH., pengacara terdakwa kasus korupsi PJJ USBM, kepada wartawan Liputan4.Com di kantornya di Teluk Dalam, Nias Selatan, Minggu (28/06/2020).

Banding jaksa penuntut umum tersebut menurut Mavoarota Zamili,S.H, dikarenakan oleh hukuman yang diputuskan oleh majelis Hakim Tipikor di Pengadilan Negeri Medan tidak sesuai dengan tuntutan Jaksa khususnya pada putusan uang pengganti, dimana pada tuntutannya Jaksa meminta majelis hakim untuk memerintahkan terdakwa Piterson Zamili membayar uang pengganti Rp. 961.647.890 (Sembilan Ratus Enam Puluh Satu Juta Enam Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Delapan Sembilan Puluh Rupiah), sedangkan pada putusannya majelis Hakim memutuskan memerintahkan terdakwa membayarkan uang pengganti sebesar Rp.745.954.718 (Tujuh Ratus Empat Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Empat Ribu Tujuh Ratus Delapan Belas Rupiah).

“Seharusnya uang pengganti tersebut tidak perlu lagi dibebankan kepada terdakwa PZ, karena pada perkara yang sama dengan terdakwa dan penuntututan yang terpisah an. YB, dalam amar putusannya Mahakamah Agung Republik Indonesia bahwa uang pengganti dibebankan kepada Terpidana YB sebesar Rp.5.895.953.828 (Lima Miliar Delapan Ratus Sembilan Puluh Lima Juta  Sembilan Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Delapan Rupiah), sehingga kami sebagai kuasa hukum memandang upaya banding jaksa tersebut sudah tidak relevan untuk dipermasalahkan, namu kami sebagai kuasa hukum menghormati sikap jaksa yang mengajukan upaya hukum berupa banding ke PT Medan”. Ujar Mavoarota Zamili,SH yang adalah kuasa hukum terdakwa PZ.

“Senda dengan hal tersebut, kami sebagai Kuasa Hukum terdakwa PZ tidak lagi menanggapi memori banding jakasa penuntut umum, hal tersebut karena kami juga sebagai kuasa hukum telah mengajukan memori banding pada tanggal 25 juni 2020 ke PT Medan melalui PN Medan, sehingga hal tersebut telah menjawab apa saja yang menjadi tuntuntan jaksa pada memori bandingnya” pungkas Mavoarota Zamili,SH sambil mengahiri sesi wawancara di Kantornya.

The post Jaksa Ajukan Banding Terhadap Putusan Kasus Tipikor PJJ USBM An. Piterson Zamili appeared first on LIPUTAN4.COM.

Loading spinner

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: