Connect with us
Visi Misi Cabup Toraja

diguncang gempabumi tektonik

Gempa Bumi Tektonik M 3,3 Dirasakan Di Tarutung

Published

on

gempa-bumi-tektonik-m-3,3-dirasakan-di-tarutung

LIPUTAN4.COM , MEDAN – Kejadian dan Parameter Gempabumi
Minggu, 22 November 2020 pukul 21:11:04 WIB, wilayah Tarutung diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 1,99 LU dan 98,92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Barat Daya Tapanuli Utara – SUMUT pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Toru.

*Dampak Gempabumi
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tarutung III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Rekomendasi
Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Medan, 22 November 2020
Sumber Kepala BBMKG Wilayah I Medan
EDISON KURNIAWAN, S.Si, M.Si

Berita dengan judul: Gempa Bumi Tektonik M 3,3 Dirasakan Di Tarutung, pertama kali terbit di Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Indonesia, dibuat oleh: Bagus Haryanto