Connect with us
Visi Misi Cabup Toraja

Daerah

Dispersip Kalsel Peringati Hari Dongeng Nasional

Published

on

dispersip-kalsel-peringati-hari-dongeng-nasional

Liputan4.com, Banjarbaru-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan peringati Hari Dongeng Nasional setiap tanggal 28 November dengan mendatangkan pendongeng maupun juru kisah untuk memeriahkannya.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani dalam siaran pers di Kota Banjarbaru, Jumat mengatakan, kegiatan dilaksanakan, Sabtu (28/11) bertepatan peringatan Hari Dongeng dan dipusatkan di Perpustakaan Palnam Banjarmasin. 

“Kami mengundang anak-anak yang akan mendengarkan dongeng di ruang Kids Library Perpustakaan Palnam maupun panggung luar ruangan yang bisa disaksikan pengunjung,” ucap Bunda Nunung sapaan Nurliani. 

Ditekankan, masa pandemi COVID-19 tidak membuat Dispersip Kalsel diam diri tetapi tetap menggelar kegiatan salah satunya peringatan Hari Dogeng Nasional dengan menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan. 

Disebutkan, rangkaian peringatan Hari Dongeng nasional diisi kunjungan ke Panti Asuhan Al-Aqsho yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru membawa Mobil Perpustakaan Keliling.

Kunjungan dimeriahkan hiburan Badut, dan menghadirkan pendongeng Novia Eka Saputri (Guru PAUD) asal Kota Banjarbaru dan hanya menghadirkan maksimal 20 orang anak-anak karena mereka tidak masuk sekolah.

“Durasi acara tidak terlalu lama karena masa pandemi dan kami mematuhi aturan protokol kesehatan. Namun, tidak mengurangi makna peringatan Hari Dongeng Nasional yang sudah jadi peringatan nasional,” kata dia. 

Dikatakan, mendongeng dapat membangun imajinasi anak yang akan menentukan kesuksesan mereka di masa depan dan makna mendongeng adalah agar anak-anak senang dan mencintai cerita dari buku.

“Cerita-cerita itu dapat menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal-hal yang baik di dalam otak adalah kunci kesuksesan bagi anak di masa depan,” ujarnya. 

Ditambahkan, mendongeng (story telling) merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan setiap orangtua dan anak agar menjadi lebih dekat sehingga diharapkan orangtua aktif mendogeng untuk anaknya

Berita dengan judul: Dispersip Kalsel Peringati Hari Dongeng Nasional, pertama kali terbit di Berita Terkini, Terbaru Hari Ini Indonesia, dibuat oleh: Dessy Nathalia